Penulis

Muslich Taman

Muslich Taman—kelahiran Pati, Jawa Tengah—menyelesaikan pendidikannya sejak TK sampai Madrasah Aliyah di Perguruan Islam TARBIYATUL BANIN, sebuah yayasan nenek moyang yang tidak jauh dari rumah orangtuanya.

Selepas dari Madrasah Aliyah, ia menggebu untuk kuliah meski tak tahu harus “bagaimana caranya”. Ia pun merantau ke Semarang. Di ibukota Jawa Tengah ini, ia bekerja sambil kuliah. Karena kondisi keuangan, ia tak mampu bertahan lama. Hanya satu tahun ia kuliah di kota ini, lalu berhijrah ke Jakarta untuk melanjutkan kuliah di LIPIA (cabang Universitas Imam Ibnu As-Saud Saudi Arabia, kampus yang memberi beasiswa ke setiap mahasiswanya).

Selain aktif kuliah, ia bergelut di organisasi, antara lain: Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Perguruan Tinggi HMI Komisariat LIPIA, Ketua Forum Aktivitas Mahasiswa LIPIA Jawa Tengah, Penggagas Forum Aksi dan Studi Islam (FAKSIS) di Rawasari, Pemimpin Redaksi Majalah Pesantren, staf pengajar pada Pondok Pesantren dan STIBA Rawamangun (Studi Islam dan Bahasa Arab). Terakhir, ia memimpin Pondok Pesantren Darussa’adah, Jakarta.

Beberapa kali ia menjadi narasumber acara Telaah Buku di Radio DAKTA Bekasi setiap Sabtu siang, acara Hikmah Sore di Radio Asy-Syafi’iyyah Jakarta (95, 5 RAS FM), dan pada acara Talkshow Dialog Nuansa Agama Islam di Radio Ath-Thahiriyah Jakarta (98, 7 Moslem FM) setiap Selasa sore. Ia juga menghadiri Pameran Buku Islam Internasional di Kairo-Mesir,  tahun 2006 dan 2007. Kini, selain menjadi editor lepas sebuah penerbit di Jakarta dan guru agama di SMAN 1 Rumpin, Bogor, Jawa Barat, ia aktif mengisi ceramah dan pengajian di beberapa majlis taklim.  Buku ini adalah karyanya yang ke-5.[]