Penulis

Arman Yurisaldi Saleh, MS, SpS

dr. Arman Yurisaldi S, SpS, lahir di Malang, Jawa Timur 16 September 1973. Putra Pasangan R.A. Sri Moerti Rahajoe SH. dengan DR. H. RP. Mohammad Saleh SH., MH. (Ketua Muda Mahkamah Agung R.I, bidang perdata khusus, 2009).

Masa TK, SD, SMP kelas I di Bali karena mengikuti dinas orang tua di kota kecil Bangli Bali. Masa kecil diwarnai dengan kehidupan bernuansa seni dan bahasa Bali, memperkaya wawasan tentang budaya dilanjutkan dengan mempelajari budaya Jawa ketika memasuki kelas 2 SMP di Malang dan Sekolah Menengah Atas di SMAN 3 Malang (SMANTI). Hobinya membaca artikel budaya, agama, studi arsitektur, dan bahasa selain tentu saja bidang spesialisasinya, yaitu biologi dan kedokteran.
Tahun 1992 memasuki Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Pernah meraih penghargaan sebagai dokter teladan Propinsi Bengkulu pada 2000 ketika menjadi dokter PTT dan Puskesmas Air Periukan tempatnya bekerja meraih prestasi sebagai puskesmas bersih dan berprestasi.

Tahun 2001 menjadi Pegawai Negeri Sipil dokter pada Lembaga Pemasyarakatan Pondok Bambu, Jakarta. Tahun 2004-2006, dokter pada Lembaga Pemasyarakatan khusus Narkotika Cipinang Jakarta. Mulai 2006 sampai sekarang menjadi dokter pada kantor pusat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Menikah dengan dr. Yenny Sulistyowati (saat ini sedang mendalami spesialisasi mata di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) pada 2003, dikaruniai dua orang anak, Rakryani Eureka Swisyuresti (Rijkke) dan Rakryan Dimarcia Hangakertti (Marse).
Pada 2003 hingga 2007 mengikuti pendidikan spesialis saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Mulai 2007 sampai sekarang meneruskan pendidikan doktoral (S3) jurusan ilmu kedokteran dan kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dengan promotor Prof. dr. H. Jusuf Misbach, SpS(K), FAAN dengan topik penelitian bidang nyeri kepala. Penulis berpraktik sebagai dokter spesialis saraf pada Sahid Sahirman Memorial Hospital, RS. Satyanegara Sunter, dan RS. Puri Mandiri Kedoya.

Penulis juga telah menulis beberapa buku yang telah beredar luas. Buku pertama berjudul “Stroke, Pendayagunaan Otak, dan Budaya Jawa”. Karya ini telah didaftarkan pada Direktorat Jendral HAKI. Buku ini telah terbit dan beredar di seluruh Indonesia pada akhir Desember 2008, dan mendapat sambutan yang cukup baik dari kalangan ilmuwan saraf, dokter spesialis saraf, para guru besar di berbagai universitas, wartawan, praktisi kedokteran, dan masyarakat umum. Buku kedua berjudul "Hanacaraka untuk Senam Otak, Kreativitas, dan Rehabilitasi Saraf". Buku ini membahas keutamaan huruf Jawa yang memiliki pengaruh yang lebih baik pada saraf otak dibanding huruf latin. Karya ini pun telah dipatenkan pada Direktorat Jenderal HAKI. Buku ini terbit di Gramedia seluruh pulau jawa pada bulan Mei 2009.
Buku ketiga berjudul “Otak-Atik Otak Praktis” sebuah buku motivator berbasis mekanik saraf, yang berisi panduan praktis untuk menilai 7 potensi bedasarka peta otak manusia. Buku ini berguna untuk menilai karyawan, atasan, teman, dan lawan sehingga kita dapat menentukan sikap dan keputusan. Buku ini berbasis pengetahuan saraf modern yang melakukan pendekatan berbeda dengan cara yang digunakan psikolog.

Penulis juga aktif menjadi pembicara mengenai saraf di antaranya di Global TV dan Radio DFM (103,4 MHz) milik Yayasan Damandiri, dan radio Sonora (92 MHz). Anda bisa berkorespondensi dengannya di  http://www.thegreatjava.blogspot.com/

Hp: 081932898048
Jln. Lodan IV no 12 A Rawamangun