Penulis

Fahrizal Muhammad

     Fahrizal Muhammad, M.Si lahir dan besar di Jakarta. Ia merampungkan program sarjana di FPBS IKIP Jakarta (1993) dan program magister Ilmu Antropologi, Program Pascasarjana, FISIP, Universitas Indonesia (2001). Penerima beasiswa dari Tokyo Foundation (Sasakawa Foundation-Jepang), Toyota Foundation (Jepang), Yayasan Beasiswa Jakarta (YBSJ), dan YAB Orbit (Jakarta).

     Mengawali karier sebagai guru di Perguruan Islam Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta (1993–2002) dan dosen STIE Jayakarta, Jakarta (1998–2005), Fakultas Komunikasi dan HI Universitas Paramadina, Jakarta (2003–2007), Prodi Public Relation ISP FIS Universitas Negeri Jakarta (2004–2012), dan Prasetiya Mulya Business School (2011–Saat ini). Ia juga aktif sebagai trainer Yayasan Cahaya Guru dalam bidang Creative and Scientific Writing (2010-Saat ini) dan kolumnis Majalah Gontor (2011–Saat ini).

Ia master trainer untuk semua kelas di Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan (MHMMD) Training Center. Sejak 2004 sampai sekarang ia sudah melatih lebih dari 50 ribu orang. Di BUMN, ia telah menjadi Master Trainer untuk kelas PT. Pertamina (PPEP II–X), PT. Pembangkitan Jawa Bali (seluruh level), PT. PLN (Persero) Pusat, PT. PLN (Persero) Pusdiklat, PT. PLN (Persero) untuk Program Prajabatan, dan Perum Jasa Tirta. Di kementerian, ia master trainer untuk Kemendikbud, Kementerian Pekerjaan Umum, Kemenkominfo, Pemberdayaan Aparatur Negara, dan Kemenlu. Selain itu, untuk Badan dan Lembaga Negara yang lain, ia menjadi Master untuk BRR NAD Nias dan Sespim Polri. Untuk Pemda, ia master trainer untuk pelatihan di Indragiri Hilir, Gorontalo, Boalemo, Banjarnegara, Natuna, Bandung, Rokan Hilir, Banjar Baru, Luwu Utara, Luwu Timur, Bolaang Mongondo Utara, Barito Kuala, Sumbawa Barat, Semarang, Mataram, dan Selayar. Untuk perguruan tinggi, ia master trainer untuk pelatihan di Universitas Indonesia, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Padjadjaran, IPDN, STIE IBS, Universitas Syah Kuala, Universitas Hasanudin, Universitas Halu Oleo, Pondok Modern Gontor, Universitas Sultan Agung, Universitas Pajajaran, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Politeknik Sriwijaya, Universitas Negeri Papua, Politani Pangkep, dan 48 PTS di lingkungan Kopertis di 10 kota. Ia juga master trainer untuk PPSDMS Nurul Fikri, WAMY, AMPI, dan kelas reguler di Jakarta, Bandung, dan Malang.

     Ia juga menikmati menjadi tenaga antropolog untuk sejumlah studi pembangunan di Kalimantan, Papua, dan studi perbaikan kampung di Jakarta. Ia senang berbagi dan sangat antusias untuk semua kegiatan yang berkenaan dengan kependidikan, kepenulisan, kebahasaan, keislaman, dan kebudayaan. Ia kini dapat dihubungi melalui email agoda97@yahoo.com, di Twitter @rizalmfahri, di Facebook Fahrizal Muhammad, atau di 081297261670.