Kilasan Buku

Bilik Bilik Cinta Muhammad SAW

Sumber: Majalah Dakwah Islam Al Intima Edisi April 2016

Michael H Hart memasukkan Nabi Muhammad Shallallahu Alahi Wa sallam ke dalam sosok pertama yang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia, bukan hanya bagi kaum Muslimin. Dia melanjutkan, pengaruh nabi keturunan kaum Quraisy ini jauh lebih bagus dibanding pengaruh Nabi Isa dan St Paul yang digabung menjadi satu.

Sayyidina Muhammad al Musthafa adalah satu satunya manusia yang sejarahnya ditulis dengan sangat lengkap oleh banyak cendekiawan dari kalangan kaum muslimin atau non Muslim. kehidupan yang sempurna dari bangun tidur sampai tidurnya, dari kecil hingga wafatnya. Tiada satu pun kehidupan yang dijalani oleh Nabi, kecuali ada teladan yang bisa ditiru dan memberikan banyak kebaikan.

Nabi Muhammad bukan hanya menawan jika dilihat dari sisi manajemen, kepemimpinan, dan caranya dalam memerintah. Beliau tetap mengagumkan, pun jika disorot dari sudut pandang rumahan. Dengan melihat kehidupan sang Nabi didalam rumahnya, manusia bisa mengetahui betapa beliau merupakan laki laki yang pesona akhlaknya layak dipuji.

Hal inilah yang dilakukan oleh Dr Nizar Abazhah dalam Bilik Bilik Cinta Muhammad Shallahu Alaihi Wa sallam. Beliau yang memiliki latar belakang pendidikan sastra ini piawai memotret kehidupan manusia paling agung dari dekat, dari dalam rumah dan kamarnya.

kisah kisah dalam buku ini, disuguhkan sebagaimana penuturan dalam cerita fiktif. Mengalir, enak dinikmati, tapi layak dipertanggungjawabkan kevalidannya. Beliau memulai dengan apik, sejak beliau lahir, ditinggal wafat oleh kedua orang tuanya, menetap bersama kakek yang sangat menyayanginya, hidup bersama paman dan sepupunya, lalu menjalani profesi menggembala dan berdagang sebelum akhirnya menjalani fase kehidupan rumah tangga.

Setelah masuk dalam penceritaan rumah tangga nabi, kisahnya ditulis kronologis. Kita bisa mengetahui siapa yang dinikahi Nabi dari awal (Ummu Khadijah al Kubra) hingga akhir, sebelum beliau wafat.

Tak ketinggalan, penulis mencantumkan sebab sebab yang melatarbelakangi Nabi Muhammad hingga menambatkan lamaran lalu menikahi, dilanjutkan dengan kehidupan setelah pernikahan dan kejadian kejadian khusus yang terjadi dengan masing masing istri.

Selesai membahas kehidupan dengan para istri, penulis melanjutkan penuturan dengan sangat dekat tentang interaksi beliau dengan anak anak, baik putra dan putri kandung, anak tiri, atau anak anak secara umum dalam keseharian.

Tidak berhenti sampai di sini,kisah dalam buku ini meliputi interaksi Nabi dengan sahabat dan tetangganya, akhlak nabi secara umum hingga hari hari terkahir bersama manusia paling mulia di muka bumi ini. Semuanya disajikan dengan nikmat, tanpa angka angka sejarah, dan mengajak pembaca untuk langsung terlibat di dalamnya, seperti ,menyaksikan dan menjadi pelakunya.

Meski demikian, sebagaimana tiada gading yang tak retak di dalam kelebihan itu pula terselip kekurangan. sebab ada beberapa bagian improvisasi yang sukar ditemukan validasinya dari jalur hadits atau penuturan ulama ulama lain.

Secara umum, buku ini amat layak dimiliki, agar kita bisa menikmati sejarah Nabi dengan cara penuturan cerita apa adanya, tanpa harus mengernyitkan dahi saat mengunyah data di dalamnya.

Diresensi oleh Pirman Hidayatullah
Dimuat di Majalah Dakwah Islam Al Intima Edisi April 2016


view: 694