Kilasan Buku

Belajar Menjadi Orang Sukses

Sumber: kabar Madura 23/03/2016

SUKSES dalam segala bidang merupakan harapan manusia normal. Sukses dalam karir, pendidikan, bisnis dan lain sebagainya, adalah cita cita dan ataukeinginan makhluk yang berakal. Bisa dikatakan, hanya orang orang yang tidak normal yang tak pernah menginginkan sebuah kesuksesan. Dalam hal ini, banyak orang berlomba lomba untuk mencapai kesuksesan, berbagai macam cara dan metode mereka terapkan, mulai dari bisnis batu bara sampai mencuri uang negara.

Kebanyakan orang menganggap bahwa jalan menuju kesuksesan begitu mulus, lurus, dan jaraknya sangat dekat, sehingga di benak mereka terlintas untuk meraih kesuksesan dengan jalan pintas yang begitu intans,tak heran jika ada sebagian orang yang menghalalkan segala cara, padahal semua itu akan mendatangkan marabahaya, dan akhirnya harus mendekam dalam penjara. Dalam hal demikian, kita dapat melihat dan menyaksikan maraknya maling maling negara yang terjadi di Indonesia.

Mereka menginginkan sebuah “kesuksesan”dengan cara yang sangat instan,mereka tidak menyadari dan mungkin lupa atau bahkan tidak tahu bahwa dunia ini tidak diciptakan dengan prinsip kesuksesan instan. Manusia harus bekerja keras untuk sampai pada level sukses, karena sedikit sekali—atau bahkan tidak ada—orang yang sukses tanpa didahului dengan usaha dan kerja keras. Mereka yang menginginkan resep kesuksesan instan tidak menyadari bahwa dirinya sedang berada dalam dunia angan angan.

Dalam buku ini terdapat beberapa kisah orang orang sukses yang diawali dengan kerja keras dan usaha yang berkepanjangan. Glenn Cunningham, seorang atlet olahraga yang menjadi juara lomba lari satu mil memiliki masa kelam serta kenangan pahit yang begitu mengerikan. Sewaktu duduk di bangku sekolah, kedua kakinya terbakar parah sehingga dia nyaris tidak bisa menggerakkan kakinya, sejumlah dokter pun memvonis bahwa hanya keajaiban yang bisa menyelamatkannya. Dari sinilah Glenn mempunyai tekad yang kuat dan semangat yang membara untuk bisa berjalan seperti sedia kala, dia mulai bereksperimen mencoba beragam jenis latihan, hingga pada akhirnya dia menemukan satu gagasan unik yang dianggap dapat menyembuhkan penyakitnya, yaitu dengan menarik tubuhnya sendiri dengan cara berpegangan pada gagang bajak yang sedang melaju. Akan tetapi yang perlu digarisbawahi di sini adalah; latihan ini tidak hanya dilakukan dalam hitungan hari, melainkan dia melakukannya selama lima belas tahun (hlm. 53).

Sungguh kegigihan yang sangat luar biasa, coba kita bayangkan betapa sabarnya seorang Glenn yang berusaha mengembalikan semuanya yang sudah dianggap mustahil oleh sebagian orang. Dan hasilnya benar benar mengejutkan, Glenn yang semula tidak kuasa menggerakkan kakinya kini keluar sebagai juara lomba lari satu mil. Usaha dan kerja keras serta proses yang sangat panjang— yaitu selama lima belas tahun—mengantarkannyakepada pintu kesuksesan, sedangkan proses instan—yang bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik: hanya dengan menambah beberapa angka nul pada bagian belakang mata uang—yang sering kali dimanfaatkan oleh para koruptor akan mengantarkan mereka ke pintu penjara.

Selain kisah di atas, ada juga kisah tentang Astronot Amerika yang bernama Niel Armstrong, dia menginjakkan kakinya pertama kali di bulan pada Juli 1969. Niel merupakan satu dari 30 astronot Amerika terkemuka, dia memiliki misi ke bulan, sebelum melaksanakan misi bersejarah ini dia terlebih dahulu mempersiapkan segala hal yang >dibutuhkan; keterampilan yang luar biasa dalam penerbangan,kecerdasan, kekuatan, kemampuan menyerap informasi, keseimbangan mental dan emosi, serta keberanian menerima tantangan yang tak mudah ini. Selain itu, dia harus mengikuti latihan berada di kedalaman air untuk waktu yang lama agar terbiasa dalam keadaan yang tak berbobot (hlm. 14).

Dua kisah di atas sudah bisa menjadi gambaran sekaligus pelajaran bagi kita bahwa untuk meraih kesuksesan tidak semudah kita tersenyum, dalam prosesnya harus ada upaya secara terus menerus tanpa kenal lelah, kerja keras dan kesabaran serta tidak putus asa. Begitulah hukum alam mengajari manusia.

Kisah Glenn Cunningham dan Niel Armstrong merupakan dua kisah dari sekian banyak kisah orang sukses yang disajikan dalam buku terbitan Zaman ini, semua isi dari buku ini yang berjumlah 122 bab sejatinya adalah artikel Maulana Wahiduddin Khan yang telah pernah muncul dalam al Risalah. Artikel artikel tersebut mengajak kita untuk lebih semangat dalam menggapai cita cita.

*)Mahasiswa Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika), Guluk Guluk, Sumenep

Peresensi: Saiful Fawait
Tulisan ini dimuat di Kabar Madura Rabu 23 maret 2016

view: 436