Kabar

FRAGER: MASYARAKAT INDONESIA ADALAH SUFI ALAMI

Sumber: Penerbit Zaman

 Beberapa hari yang lalu, Indonesia kedatangan seorang pakar psikolog transpersonal asal Amerika Serikat, Robert Frager. Hal unik dari pria yang meraih doktor psikologi sosial dari Harvard University pada 1967 ini ialah selain seorang psikolog, ia juga seorang syekh/mursyid Tarekat Jerrahi Order California.

Dalam kunjungan ke Indonesia, Frager menjadi salah satu key note speaker pada pada rangkaian acara ICONIPSY ( Islamic  Conference of Islamic Psychology) yang di gelar di 4 universitas di Yogyakarta (Universitas Gajah Mada, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, dan Universitas Alhamd Dahlan Yogyakarta.

Selepas Yogyakarta, Frager bertolak ke Jakarta untuk menjadi pembicara dalam dua seminar di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan Universitas Indonesia (UI). Zaman, sebagai penerbit yang menerbitkan dua karya Frager, Obrolan Sufi dan Psikologi Sufi, turut mengikuti kedua acara di Jakarta.

Seminar pertama Frager diadakan di UAI dan dihadiri oleh lebih dari 250 orang peserta dari berbagai kalangan ini, Frager memberikan pemaparan tentang Psikologi Sufi. Ia menceritakan pengalaman spiritual pribadinya saat memutuskan menjadi seorang darwis. Ia juga memaparkan perbedaan antara psikologi Barat dan psikologi Islam. Menurut Frager, psikologi Barat meyakini bahwa setiap orang dapat melakukan segalanya sendiri (self help), tanpa bantuan aspek lainnya. Sedangkan psikologi Islam percaya bahwa insan tidak dapat melakukan segalanya sendiri. Segalanya atas bantuan Yang Mahaesa dan tugas kita adalah berusaha sebaik mungkin.  Frager juga menjelaskan tentang tingkatan tingkatan nafs beserta cerita cerita sufi sebagai perumpamaan. “Jangan sampai ego menguasai diri kita. Kitalah yang harus menguasai ego,” tegas Frager.


Robert Frager tengah memberikan pemaparan Pelatihan Psikologi Transpersonal: Pendekatan Manusia Seutuhnya untuk Transformasi Spiritual di Auditorium Fakultas Psikologi UI

Hari berikutnya (20/10/15), Frager mengisi Pelatihan Psikologi Transpersonal: Pendekatan Manusia Seutuhnya untuk Transformasi Spiritual di Auditorium Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Kali ini Frager bukan hanya memaparkan teori teori terkait psikologi transpersonal, namun juga mengajak audience mempraktekan langsung teori teori tersebut.  Para peserta pelatihan terlihat sangat antusias mengikuti .


Frager menandatangani karyanya 

Dalam acara tersebut  juga diadakan sesi book signing karya karya Robert Frager.  Ratusan peserta dengan antusias mengantri untuk mendapatkan tanda tangan beliau.
 

Tim Zaman bersama Frager.

Sehari sebelumnya, tim Zaman berkesempatan makan malam dan berbincang dengan Frager. Beliau berbagi tentang pengalaman pengalaman spiritualnya, tasawuf, dan buku yang tengah ia tulis. Ia juga  sempat menyampaikan pendapatnya tentang masyarakat Indonesia yang menurutnya adalah sufi alami. Simak pesan beliau berikut ini:

Preview ini:  https://www.youtube.com/watch?v=LetJMiu4mD8



view: 0