Detail Buku

Inilah buku yang bisa membantu Anda melakukan sesuatu yang sungguh sulit: mendorong seseorang berubah, menjadi lebih baik. Syekh al-Munajjid menyajikan metode dan teknik Nabi saw. dalam menegur dan meluruskan kesalahan orang-orang dari latar belakang yang berbeda-beda.

Ada beragam cara dan pendekatan yang dikembangkan Nabi, sebab ada beragam alasan pula mengapa seseorang melakukan kesalahan atau keburukan, seperti ketidaktahuan, kekeraskepalaan, atau karena dorongan atau pengaruh dari orang lain.

Watak, kepribadian, dan konteks suatu kesalahan juga memengaruhi perubahan sikap dan perilaku seseorang. Maka kita mesti memahami watak dan perilaku orang-orang di sekitar kita sehingga kita bisa memilih dan menerapkan metode yang paling efektif untuk menyadarkan dan memperbaiki perilaku seseorang.

Santun dalam menuntun. Penuh hikmah dalam berdakwah. Bijak ketika mengajak kepada yang hak. Mengoreksi tanpa membuat orang sakit hati, malah menerimanya dengan senang hati. Banyak para sahabat tergetar ketika ia meluruskan mereka ke jalan yang benar.  Itulah Nabi Muhammad saw. Segala ucapan dan perbuatannya selalu dipandu oleh wahyu. Begitu pula cara beliau menegur dan mengoreksi kesalahan seseorang. Maka bila kita bisa meneladaninya, niscaya kita menjadi pendidik yang sukses dan efektif. Entah anak, murid, pasangan, kerabat, teman, pasien, atau rekan kerja Anda, Anda bakal memiliki kekuatan untuk menjadikan mereka lebih baik.

Daftar Isi Buku Cara Cerdas Nabi Mengoreksi Kesalahan Orang Lain



Pengantar: Bijak dalam Mengajak
Tulus Menuntun ke Jalan Lurus
Melakukan Kesalahan itu Manusiawi
38 Teknik Nabi dalam Menasihati dan Mengoreksi
Penutup