Detail Buku

Sejarah Versi 1001 Malam


Bukalah buku pelajaran sejarah dunia mana pun, maka kerap kita temukan sejarah yang selalu diceritakan dari sudut pandang barat, dalam urutan yang sudah baku, mulai dari Lembah Nil dan Mesopotamia, melalui Yunani dan Roma lalu Revolusi Prancis, hingga bangkitnya negara sekuler dan kejayaan demokrasi. Islam hanya merupakan sebuah bab pendek dalam kisah panjang sejarah dunia itu, digabungkan dengan cerita tentang beberapa peradaban lain yang dianggap pinggiran. Sejarah versi Barat menganggap kecil sebuah peradaban yang pernah menjadi pusat sejarah dunia dan yang memiliki narasi berbeda selama ribuan tahun.


Bagaimana jika sejarah dunia itu ditampilkan dari sudut pandang Islam, seperti apakah panorama yang akan terlihat? Itulah yang diupayakan Tamim Ansary dalam buku ini. Dia menguraikan sejarah dunia sejak dari masa Muhammad hingga kejatuhan Kekaisaran Utsmani dan seterusnya. Dia menjelaskan mengapa peradaban Barat dan Islam seperti saling tidak kenal, dan apa yang terjadi ketika keduanya bersimpang jalan. Ditulis dalam gaya bercerita yang menghibur, buku ini juga menawarkan sebuah perspektif penting tentang konflik dunia dewasa ini.


"Ansary menuliskan pandangan tentang masa lalu, masa kini, dan masa depan Islam secara gemilang, informatif, dan menyeluruh. Buku wajib dibaca."
Khaled Hosseini, penulis The Kite Runner

"Saya bersyukur diberi kesempatan menerjemahkan buku yang benar-benar menarik ini. Ansary berhasil menguraikan titik-titik penting sejarah dunia Islam dengan cara yang menyenangkan, mengalir seperti cerita yang seru, dengan bahasa mudah dimengerti bahkan oleh siswa sekolah menengah sekalipun."
Yuliani Liputo, penerjemah senior, penulis Wanita Pembawa Cahaya

"Mengagumkan. Ansary mengurai sejarah 1.500 tahun terakhir dari perspektif yang amat sering diabaikan di Barat. Buku ini akan dibaca oleh generasi-generasi mendatang."
Reza Aslan, penulis buku terlaris No god but God

"Peristiwa-peristiwa besar sejarah dipaparkan dalam porsi seimbang. Dengan gaya tulisan yang ringan, banyak diungkap hal menarik dari pernak-pernik pertemuan sejarah Barat dan Islam."
GATRA

"Buku ini perlu dibaca, lantaran mampu menawarkan perspektif berbeda tentang kejayaan sejarah Islam serta pengaruhnya di masa kini. Karena gaya ceritanya yang menghibur, membaca buku tebal ini sangat menyenangkan."
REPUBLIKA

Daftar Isi Buku Dari Puncak Bagdad (New Edition)


Daftar Peta
Nama dan Tanggal
Pendahuluan
1. Dunia Tengah
2. Hijrah
3. Kelahiran Kekhalifahan
4. Perpecahan
5. Kerajaan Bani Umayyah
6. Zaman Abbasiyah
7. Ulama, Filsuf, dan Sufi
8. Masuklah Orang Turki
9. Malapetaka
10. Kelahiran Kembali
11. Sementara Itu di Eropa
12. Barat Mendatangi Timur
13. Gerakan Reformasi
14. Industri, Konstitusi, dan Nasionalisme 
15. Munculnya Sekuler Modernis
16. Krisis Modernitas
17. Arus Balik
Penutup
Lampiran
Catatan
Kepustakaan
Ucapan Terima Kasih
Indeks
Tentang Pengarang