Detail Buku

"Seperti sungai surgawi, ceramah Syekh Ragip itu jernih, bening, dan lezat untuk batin kita."

-Pir Zia Inayat-Khan


Sejatinya, kita semua rindu untuk selalu mendekat kepada Tuhan. Banyak jalan untuk itu, di antaranya melalui tasawuf. Tetapi, menjadi sufi bagi sebagian orang sangatlah berat dan sulit.

Robert Frager, seorang mursyid dari Amerika, menepis anggapan itu. Bertasawuf bukanlah mengasingkan diri dari hiruk-pikuk dunia untuk kemudian berdekatan dengan Tuhan. Pengembangan spiritual dan kehidupan sehari-hari dapat menyatu dalam harmoni.


Melalui metode obrolan antara guru dan murid, antara mursyid dan darwis, Syekh Frager menyampaikan ajaran-ajaran tasawuf secara ringan, tanpa menggurui, dan mengantarkan kita pada perenungan. Hasilnya, kita yang membacanya ingin lebih memperpendek jarak kita dengan Tuhan dan senantiasa ingin menyertakan Tuhan dalam aktivitas sehari-hari kita.


Robert Frager, Ph.D. meraih doktor psikologi sosial dari Harvard University pada 1967. Tahun 1975, ia mendirikan the Institute of Transpersonal Psychology di Palo Alto, tempat kini dia menjadi guru besar psikologi. Sebelumnya, Frager mengajar psikologi dan studi agama selama 7 tahun di University of California, Berkeley dan University of California, Santa Cruz.


Pada 1985, ia dikukuhkan sebagai syekh atau mursyid. Selain menjadi psikolog transpersonal, konsultan, dan guru, kini sehari-harinya mengabdi sebagai Presiden Tarekat Jerrahi Order California dan sudah lebih dari 25 tahun menjadi pembimbing spiritual. Salah satu karya terbaiknya: Psikologi Sufi untuk Transformasi Diri.



Daftar Isi Buku Obrolan Sufi



Ucapan Terima Kasih
Pengantar
Pada Awalnya
Catatan Penulis
1. Rintangan-Rintangan di Jalan Menuju Tuhan
2. Transformasi Ego Diri
3. Mengurangi Narsisisme
4. Hati adalah Cermin
5. Membaca Kitab-kitab Tuhan
6. Ke Mana pun Berpaling, di Sana Ada Tuhan
7. Sang Ruh
8. Hikayat Ibrahim ibn Adham
9. Kerja Batin
10. Adab: Perilaku Sufi
11. Keutamaan Tindakan
12. Saling Mendoakan
13. Keramahtamahan
14. Pelajaran-Pelajaran dari Bulan Ramadan
15. Malam Seribu Bulan
16. Renungan Tahun Baru
17. Tentang Pernikahan
18. Kemiskinan Spiritual
19. Kemurahan Hati
20. Tanggung Jawab atas Kehidupan Spiritual
21. Terjaga Sebelum Mati
Glosarium
Bibliografi
Indeks