katalogpenuliskronikbengkel sahifahkilasan bukuguestbook
 

Kilasan Buku


Edisi 14-September-2011

SUKSES TANPA BATAS

Sumber: Abdul Hopid

Judul : Asyiknya Berpikiran Positif
Penulis :  Dr. Musa Rasyid El-Bahdal
Penerbit : Zaman
Terbit : Cetakan 1,   2010
Tebal   : 344  hlm.
Harga : Rp. 45.000

Semua orang berharap ingin meraih sukses dalam hidup dan kehidupannya. Sukses meraih apa yang dicita-citakan, karena sesuatu yang dicita-citakan adalah gambaran realitas kehidupan yang Anda inginkan di masa mendatang. Meski demikian untuk meraih kesuksesan, apalagi sukses tanpa batas sering menemui banyak kendala.

Kendala tersebut disebabkan karena model pola pikir yang dipakai. Kegagalan masa lalu kerap menjadi apirmasi negatif bagi mereka yang tidak bisa mengelola pikiran. Memandang dunia dengan penuh kebencian, sinis, pesimis tanpa sebuah harapan yang pada akhirnya kegagalan lagi yang diraihnya.


Kadang kala Anda meletakan diri dalam kungkungan butik negatif tanpa memberikan untuk selamat. Sebagian orang berperilaku seolah-olah kegagalan telah dipastikan terjadi padanya. Ia menjalani hidup sebagai korban pikiran negatif. Sebagian yang lain selalu terkungkung dalam pikiran negatif, seperti perasaan tak mampu dan tidak percaya diri. Mereka selalu membayangkan bahwa mereka tidak memiliki bagian dari kesuksesan. Mereka memandang kesuksesan hanya untuk orang lain.(hal.13)

Mereka  menjadi tawanan pikiran mematikan yang menjadi penghalang antara mereka dan cita-cita bahkan mimpi-mimpi mereka sendiri. Akibatnya, mereka terjerumus dalam kubangan putusasa dan penderitaan yang tiada henti. Maka hancurkan dan buanglah pikiran negatif dan bangunlah pikiran positif.

Pikiran positif adalah potensi dasar yang mendorong manusia untuk berbuat dan bekerja dengan menginvestasikan seluruh kemampuan kemanusiaannya. Pikiran positif adalah 

Anda merasa sedikit gelisah, tapi anda merasa senang yang lebih besar; Anda memandang hal-hal yang mencerahkan dan tidak memenuhi akal Anda dengan pikiran-pikiran negatif; Anda memilih menjadi orang  yang berpikiran positif dan Anda menjadi orang yang bahagia dan tidak memilih menjadi orang menderita.

Bahkan pada sebuah hadis qudsi disebutkan “sesungguhnya Aku(Tuhan) tergantung pada prasangka hambaku”. Maksudnya adalah, siapapun Anda orangnya tergantung pada apa yang Anda sangkakan dan Anda pikirkan. Karena apa yang Anda pikirkan akan mempengaruhi apa yang Anda ucapkan, apa yang Anda ucapkan akan mempengaruhi tindakan  Anda. Jika pikiran positif yang menguasai pikiran Anda maka ucapan dan tindakan positif yang akan menjadi bukti menghantarkan Anda ke gerbang kesuksesan. Makanya agama mengajarkan kita untuk selalu husnudzan(baik sangka), baik terhadap diri sendiri apalagi terhadap Tuhan.

Mungkin Anda pernah mengalami kegagalan, tapi berusahalah untuk tidak tunduk pada kegagalan, karena kegagalan adalah satu fase untuk membentuk kesabaran dan hidup Anda, dan kesabaran adalah musuh kegagalan. Anda tahu Soichiro Honda? Ia adalah salah satu manusia super dari Jepang, ia pendiri perusahaan Honda. Kita tahunya hanya sebatas nama besar Honda sebagai perusahaan speda motor dan mobil yang terkenal di dunia. Sebelum Honda memproduksi motor dan mobil, ia hanya memproduksi karet klep yang kemudia ia jual ke perusahaan Toyota.

Setiap pagi ia berangkat ke sekolah dan malamnya ia bekerja menyusun sesuatu yang ia inginkan, hingga kesdarannya tertampar oleh suatu kenyataan. Hasil kerjanya ditolak oleh perusahaan Toyota, dengan kata lain Honda gagal. Tapi, apakah ia menyerah? Tidak, dia tidak pernah menyerah. Dua tahun kemudia, ia berusaha mencari cara yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas karet klep buatannya. Ia sudah memiliki kriteria penting untuk menjadi orang sukses.(hal. 24-24)

Antoni Robbins mengatakan,” Kesuksesan adalah hasil dari pikiran yang benar. Pikiran yang benar adalah hasil dari pengalaman. Pengalaman adalah hasil dari kegagalan dalam mengambil keputusan. Honda  pun belajar dari pengalaman yang ia lalui, kegagalan menjadi pengalaman yang berharga untuk menjadikan dirinya memiliki kriteria penting untuk menjadi orang sukses. Benang merah dari perjalanan Honda  adalah, ia mampu bertahan dalam kondisi apapun termasuk dalam kondisi gagal, dengan tetap berpikiran positif; mencari hikmah, pelajaran di balik kegagalan tersebut.  Maka muncul langkah dan tindakan  untuk selalu   tetap mencari alternatif dan solusi terbaik hingga akhirnya berujung dengan sukses yang besar.

Banyak orang merasa dirinya sudah sukses, sudah bisa meraih apa yang ia inginkan. Kemudian secara tidak sadar masuk pada siklus kehidupan yaitu zona rutinitas; berangkat bekerja terus pulang kerumah, tamasya bersama keluarga, belanja dan berpoya-poya sepuasnya, begitu seterusnya  tanpa adanya koreksi untuk meraih kesuksesan yang lain yang lebih besar.

Kesuksesan adalah kata indah yang diinginkan oleh setiap jiwa dan hati. Kesuksesan adalah kata penghibur yang dirindukan oleh para cendikiawan, dicanangkan oleh para pembesar dan hanya dihindari oleh orang-orang yang hidup dalam zona rutinitas. Mereka adalah orang-orang yang tenggelam dalam rutinitas membosankan  dan menjadikan hidup sebagai sarana untuk bermalas-malasan. Pada hakikatnya, mereka ada dalam pinggiran kehidupan.

Maka Anda harus keluar dari zona rutinitas yang semakin lama akan menjadi belenggu yang tak berujung. Untuk keluar dari zona rutinitas, Anda harus menemukan bakat dan kekuatan Anda. Bergerak terus, dan hancurkanlah berbagai rintangan yang menghalangi anda untuk maju ke dunia yang baru. Anda bisa mengikuti pelatihan, membaca buku-buku motivasi untuk mengubah sikap mental Anda, membuka toko atau yayasan, meningkatkan level pendidikan (hal. 102)

Untuk meraih kesuksesan yang tanpa batas, Anda harus keluar dari zona rutinitas Anda dengan berbagai langkah tadi. Anda juga harus merubah keyakinan, dari keyakinan negatif menjadi  positif dengan langkah-langkah sebagai berikut; kenali keyakinan yang ingin anda buat, kenali keyakinan baru  yang Anda gali dari kekuatan anda, dalam pikiran Anda buatlah hubungan antara keyakinan baru ini dengan setumpuk kenikmatan, siapkan akal Anda untuk menerima keyakinan baru dengan berulang kali, bayangkanlah dengan perasaan bahwa Anda terpengaruh dan berlatih memperbaiki kehidupan anda dengan keyakinan baru ini, ingat selalu  bahwa hidup Anda akan menyedihkan jika anda mempertahankan keyakinan negatif.(hal. 104)

Alangkah indahnya sikap positif. Lebih indah lagi jika Anda memiliki keyakinan positif  yang menjadi penopang tubuh Anda di tengah lautan dengan gelombang besar. Semua orang memiliki keyakinan terpendam  yang menggerakan dirinya menuju jalan  kesuksesan. Meskipun buku ini kurang sistematis dari aspek metodologi penyampaiannya, tapi isi materinya akan memberikan Anda  perubahan secara  fundamental dan radikal. Maka siapapun Anda, apapun profesi Anda, yang menginginkan sukses selamanya tanpa batas, maka jangan menunggu waktu terlalu lama, bacalah buku karya  Dr. Musa Rasyid El-Bahdal ini supaya kesuksesan tanpa batas selalu bersama Anda. Wallahu 'alam []

*Abdul Hopid, Staf Pengajar STEI Hamfara Yogyakarta



view: 1768

Share/Save/Bookmark

Kilasan Buku Lainnya











Home | About Us | Buku Baru | Buku Laris | Segera Terbit | Katalog | Kabar Terkini | Celah Zaman | Contact | RSS

Copyright © 2009 - 2014 Penerbit Zaman. All Rights Reserved
Redaksi: Jl. Kemang Timur Raya No. 16. Jakarta 12730. Indonesia
Telp: +6221-7199621 (hunting) Fax +6221-7199623, Email: info@penerbitzaman.com